en id

Selama Pelaksanaan Our Ocean Conference 2018, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Siapkan 1.300 Petugas Keamanan

30 Oct 2018

kembali ke list


MANGUPURA – Selama 2 hari pelaksanaan Our Ocean Conference (OOC) 2018, pada 29-30 Oktober 2018 Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyiapkan sekitar 1.300 petugas keamanan gabungan untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran arus penumpang serta pengamanan para delegasi dari negara-negara peserta Conference yang digelar di kawasan Nusa Dua, Bali.

Personel keamanan gabungan yang mulai bertugas pada tanggal 26 Oktober tersebut terdiri dari  unsur Polda Bali sejumlah 77 personil yang juga dibantu petugas rutin dari TNI Angkatan Udara I Gusti Ngurah Rai sejumlah 40 personil, pihak Kepolisian dari Kesatuan Pelaksana Pengawasan Pelabuhan Udara (KP3U) sejumlah 48 personil, dan Pecalang atau petugas keamanan dari desa adat penyangga Bandar Udara sejumlah 8 orang.

General Manager Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi, mengatakan bahwa personel gabungan telah bertugas dari sebelum kedatangan para peserta, “Personel tersebut akan kami siagakan di posko keamanan terpadu yang beroperasi mulai 26 Oktober hingga 1 Nopember 2018,” papar Yanus Suprayogi, Selasa (30/10).

Dari internal Bandar Udara sendiri, manajemen menyiapkan sebanyak 280 personel keamanan Bandar Udara  (Aviation Security/Avsec)  yang bertugas dalam empat kali pergantian jam kerja (shift), dengan total berjumlah 1.120 orang. Personel Avsec tersebut akan ditempatkan di sejumlah titik critical termasuk di posko keamanan terpadu  Our Ocean Conference 2018 yang disiapkan di ruang publik di Terminal Kedatangan Domestik dan area penurunan penumpang  (drop-off zone) di Terminal Keberangkatan Internasional.

Selain mempersiapkan petugas keamanan, PT. Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga turut memastikan kesiapan seluruh fasilitas keamanan pendukung di Bandar Udara 100 persen siap beroperasi. “Manajemen Bandar Udara memastikan bahwa semua personil dan peralatan mulai dari mesin pemindai atau x-ray, alat pendeteksi logam dan pendeteksi bahan peledak, kendaraan patroli, hingga ratusan kamera pengawas yang semuanya tersebar di banyak titik di Terminal Domestik dan Internasional,” ujar Yanus.

Dalam penyelenggaraan tahun ini, sebanyak 1.908 peserta dari beberapa negara sudah terkonfirmasi hadir di  pertemuan Our Ocean Conference 2018 yang dilaksanakan di kawasan Nusa Dua, Bali tersebut. Sebanyak 7 kepala negara juga direncanakan akan menghadiri pertemuan ini.