en id

Dukung Industri Kecil Dan Menengah, Pemerintah Kabupaten Badung Tanda Tangani Kesepakatan Bersama dengan PT. Angkasa Pura I (Persero)

24 Nov 2017

kembali ke list


MANGUPURA, Jumat (24/11) – Demi perubahan yang lebih maju dan modern terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Badung yang selama ini terkendala oleh beberapa permasalahan, yakni tantangan terhadap akses pemasaran dan permodalan. Pemerintah Kabupaten Badung melakukan inovasi proyek perubahan untuk IKM dengan tema “Bangkit Industri Tumbuh Tenaga Kerja Penunjang Pariwisata” (Bakti Terjang Wisata). Hal ini untuk mewujudkan IKM yang mampu berdaya saing dan juga mengembangkan kegiatan perekonomian daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta sebagai perangkat pendukung pada sektor Pariwisata di Bali dan khususnya di Kabupaten Badung.

Salah satu bentuk dari perwujudan program tersebut adalah dengan melakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Acara penandatanganan yang diwakili dan dibuka oleh I Ketut Suiasa selaku Wakil Bupati Badung menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Angkasa Pura I (Persero) yang telah mendukung program ini. 

Suiasa mengatakan, “seperti kita ketahui Kabupaten Badung menjadi daerah tujuan wisata dunia dan mayoritas wisatawan keluar masuk melalui bandara, kesepakatan bersama ini adalah untuk memberdayakan Industri Kecil dan Menengah khususnya dalam rangka memperluas akses promosi dan pemasaran secara luas”.

Hal ini merupakan komitmen bersama antara pemerintah Kabupaten Badung dan seluruh pihak terkait untuk membangun semua komponen dalam hal meningkatkan kualitas dan kesejahteraan IKM. Kabupaten Badung merupakan sektor kawasan pariwisata tertinggi di Bali yang ingin lebih membangun Bali melalui Badung.

PT. Angkasa Pura I (Persero) sebagai pengelola Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai yang berada di Kabupaten Badung dalam hal ini mendukung program pemerintah untuk membantu pemasaran dari IKM yang ada di Kabupaten Badung yang berjumlah 1.230 IKM.

“Manajemen Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai sangat mendukung peningkatan kesejahteraan IKM di Kabupaten Badung dengan menyediakan lokasi display produk di area bandara” ujar Yanus Suprayogi selaku General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.

“Selain penyediaan lokasi display produk, kami berharap kedepan IKM yang dibawah pembinaan Kabupaten Badung mampu bersaing dengan memanfaatkan teknologi dengan konsep e-commerce. Teknologi adalah suatu keniscayaan yang harus dihadapi dan dimanfaatkan betul sebagai salah satu upaya untuk membuka akses pemasaran, transaksi dan peningkatan nilai produk itu sendiri. semoga hal ini juga  bertujuan untuk menyampaikan informasi hasil produk IKM kepada pengguna fasilitas Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai” tambahnya. [ ]