en id

Bersama Komunitas Bandar Udara, PT Angkasa Pura I (Persero) Gelar Airport Security Committee (ASC) Meeting III

02 Oct 2019

kembali ke list


MANGUPURA - Bertempat di Gedung Serba Guna Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) beserta sejumlah perwakilan dari maskapai penerbangan, TNI Angkatan Udara, ground handling, serta sejumlah instansi komunitas bandar udara anggota inti Airport Security Committee (ASC), menggelar Airport Security Committee Meeting III, Rabu (02/10) siang.

Dalam rapat tersebut, turut digelar pula tiga jenis simulasi table top terkait ancaman keamanan terhadap operasional bandar udara dan operasional penerbangan. 

Simulasi pertama adalah simulasi bomb threat check-in counter. Simulasi ini melibatkan situasi ancaman bom yang disembunyikan di dalam bagasi penumpang. Ancaman bom tersebut disampaikan melalui telepon kepada ground staff sebuah maskapai. Simulasi yang kedua adalah simulasi terkait rencana pengeboman yang dilakukan oleh karyawan suatu maskapai yang terancam dirumahkan, kepada kantor airline yang berlokasi di lantai 2 Terminal Internasional Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali. Simulasi yang ketiga adalah terkait usaha sekelompok WNA yang berusaha untuk mengeluarkan komplotannya yang sebelumnya ditahan di Indonesia ke luar negeri dengan menggunakan insider threat dari suatu maskapai.

“Melalui simulasi table top yang digelar pada ASC Meeting III ini, akan diuji SOP dari masing-masing instansi terkait dengan kesesuaian terhadap keamanan penerbangan,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado.