en id

Bandara I Gusti Ngurah Rai Edukasi Bahaya Kebakaran Gedung

25 Jun 2014

kembali ke list


MANGUPURA – Manajemen PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai gelar Pelatihan Pencegahan dan Bahaya Kebakaran Gedung. Program pelatihan ini diselenggarakan selama 2 hari, tanggal 25-26 Juni 2014. Mengambil lokasi di Gedung Fire Fighting & Rescue dan dihadiri oleh perwakilan komunitas bandara, antara lain Angkasa Pura I, Instansi Pemerintah, Airline, Ground Handling dan Tenant.

Pelatihan Pencegahan dan Penaggulangan Bahaya Kebakaran ini merupakan agenda rutin Angkasa Pura I. Hal ini dikarenakan pentingnya pemahaman akan bahaya kebakaran dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran. 

Dalam pelatihan, para peserta mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal pemicu timbulnya api, jenis dan kategori api yang dapat menimbulkan kebakaran serta karakteristik alat pemadam api. Yang juga tidak kalah penting para peserta diajak untuk melakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan beberapa metode, seperti menggunakan peralatan tradisional, bahan kimia dan fire portable extinguisher. 

"Mengingat gedung-gedung di bandara sebagian besar merupakan fasilitas publik, untuk itu sangat penting membekali petugas bagaimana menghadapi dan mengatasi saat melihat api yang berpotensi menimbulkan kebakaran" ujar Co. General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita.

"Sekecil apapun potensi yang dapat menimbulkan kebakaran harus disikapi secara dini dan tepat, karenanya melalui pelatihan ini kami mengharapkan partisipasi dan dukungan seluruh komunitas Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk turut menjaga dan mengamankan bandara dari ancaman bahaya kebakaran" tutup Ardita. []