en id

Australia Puncaki WNA Terbanyak, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali Kembali Layani Tambahan Batik Air Rute Brisbane

19 Jun 2022

kembali ke list


Mangupura, 19 Juni 2022 - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali kembali mendapatkan tambahan rute dari Brisbane Australia menggunakan maskapai Batik Air yang disambut dengan ceremonial water salute dan pengalungan bunga untuk penumpang pertama. (19/06)

Pada kegiatan inaugural penerbangan perdananya, turut dihadiri Tjok Bagus Pemayun Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Eka Cahyadi Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Handy Heryudhitiawan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, Rizal Fahmi General Manager Perum LPPNPI dan Capten Musafir Sri Mustafa Perwakilan CEO Batik Air.

Pesawat Batik Air operated Malindo type Boeing 737-8GP nomor penerbangan OD158, mendarat dilandasan pacu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali pukul 12.01 WITA mengangkut 152 penumpang. Adapun berdasarkan jadwalnya regulernya penerbangan Brisbane menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali akan beroperasi secara reguler, yakni setiap 4 kali dalam seminggu atau hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Sehingga terdapat dua rute yang saat ini dilayani oleh maskapai Batik Air selain dari Brisbane sebelumnya telah melayani rute Kuala Lumpur.

"Saat ini sudah ada sebanyak 24 jadwal penerbangan reguler menuju ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali, rata-rata setiap harinya sekitar 11.000 datang mau berangkat dengan total 21 maskapai, tentunya kami masih membuka dan menunggu penerbangan tambahan selanjutnya", kata Handy Heryudhitiawan.

"Januari hingga Mei 2022, penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali telah melayani 386.805 penumpang dengan rincian yang datang 215.887 penumpang dan berangkat 170.918 penumpang, jika dibandingkan tahun sebelumnya naik 238%".

"Australia terdapat 6 kota terhubung dengan penerbangan langsung yaitu Brisbane, Sydney, Melbourne, Cairns, Perth, dan Darwin, catatan hingga Mei 2022 ada sebanyak 48.000 penumpang WNA Australia memasuki Pulau Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali. Total 5 airlines yang melayani penerbangan ke Australia selain Batik Air yakni Garuda Indonesia, Qantas Airlines, Jestar Airways dan Virgin Australia".

Lanjut Handy, "Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali kami membuka kesempatan seluas-luasnya untuk bisa melayani dari berbagai maskapai didunia, karena sebelumnya kami telah melayani sebanyak 35.000 penumpang internasional dan sekitar 30.000 penumpang domestik".

"Kedepannya kami optimis akan dapat bertumbuh lagi karena sudah ada maskapai seperti Philippine Airlines dan Korean Airlines serta beberapa maskapai lainnya yang sementara mengajukan jadwal penerbangan. Selamat untuk Batik Air, semoga sukses".

Putu Eka Cahyadi, mengungkapkan "Maskapai merupakan ujung tombak terhadap pemenuhan protokol kesehatan, dengan membawa penumpang yang telah di vaksin lengkap dan benar- benar sehat, apabila Bali dapat menjaga pandemi ini agar membaik tentu semakin banyak revenue perekonomian bergerak bersama, kami dari pihak regulator tetap mendukung".

Antusias terhadap pemulihan pariwisata di Pulau Bali atas dibukanya penerbangan Batik Air, Tjok Bagus Pemayun mengungkapkan, "Saya memberikan apresiasi kepada Batik Air atas inisiatif membuka penerbangan Brisbane - Denpasar karena beberapa pertimbangan akan memberikan signal bahwa bali itu aman dan nyaman, telah siap menerima wisatawan ke Pulau Bali. Dapat memberikan keyakinan ke maskapai lainnya untuk dapat terbang ke Bali".

"Batik Air sebagai maskapai Indonesia melayani penerbangan internasional agar dapat menjadi citra positif di mata wisatawan internasional, atas pengoperasian Batik Air selamat dan sukses, semoga mendapat sambutan yang baik bagi wisatawan," tutupnya. (*/hr)