en id

100 Penjor Hiasi Bandara I Gusti Ngurah Rai

05 Apr 2017

kembali ke list


MANGUPURA - Umat Hindu Dharma di Bali akan merayakan Hari Raya Suci Galungan yang jatuh pada Rabu (5/4) dan Kuningan pada Sabtu (15/4). Galungan& Kuningan merupakan peringatan tentang kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (kejahatan).

Suasana menyambut hari raya Galungan & Kuningan terlihat di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Dengan tema “A Hundred Penjor”,  100 penjor yang terbuat dari tiang bambu melengkung dan hiasan daun kelapa muda (janur) terpasang mulai dari pintu masuk, area terminal hingga akses keluar Bandar udara I Gusti Ngurah Rai.

Penjor yang merupakan gambaran gunung tertinggi diyakini Umat Hindu sebagai lambang kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan). Di saat hari raya keagamaan, masyarakat Hindu Bali akan memasang penjor di setiap halaman rumah, sehingga di jalan-jalan akan tampat penjor berjajar dengan cantik dan memanjakan mata bagi yang melihat.

Keindahan penjor memang selalu menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi salah satu budaya dan tradisi unik di Bali.

"Kami ingin membuat suasana bandara seperti pedesaan di Bali. Kental dengan budaya dan tradisi yang keindahannya sudah terkenal hingga penjuru dunia", ujar General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi.

Selain memasang 100 penjor, Manajemen Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai juga akan memberikan suguhan tari Bali kepada para penumpang yang akan berangkat seperti Tari Topeng Tua, Cendrawasih, SekarJagat, Margapati dan Legong Keraton.

Penumpang dapat menikmati pagelaran tari mulai tanggal 5 – 15 April 2017 di terminal keberangkatan domestic dan internasional.

"Pagelaran tari ini kami suguhkan selain untuk menghibur penumpang yang sedang menunggu waktu terbang, juga untuk menciptakan serta membawa nuansa Hari Raya Galungan & Kuningan di bandara" tambah Yanus. []