Senin 27 Fabruari 2017

KKOP

Layang layang dan Sinar Laser bagi banyak orang merupakan permainan yang menyenangkan. Namun belum banyak yang mengetahui bahwa permainan layang layang dan sinar laser sangat berbahaya dan dapat menganggu keselamatan penerbangan. 

Peraturan akan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) di sekitar Bandara Ngurah Rai sudah diatur dalam suatu Peraturan Daerah Propinsi Bali Nomor 9 tahun 2000 tentang Larangan Menaikkan Layang layang dan Permainan Sejenis di Bandar Udara Ngurah Rai dan Sekitarnya.

Poin  poin yang HARUS diperhatikan dan dipahami dari Perda No. 9 tahun 2000 ini antara lain:
1.  Radius 0 s/d 9 Km TIDAK BOLEH ada permainan layang  layang dan sejenisnya;
2.  Diantara radius 9 s/d 18 Km batas MAKSIMAL KETINGGIAN kurang dari 100 M;
3.  Diantara 18 s/d 54 Km batas MAKSIMAL KETINGGIAN tidak melebihi 300 M.

Selain permainan layang  layang, yang juga SANGAT BERBAHAYA dan mengganggu kelesamatan penerbangan adalah Penggunaan SINAR LASER (Laser Beam).

Berdasarkan dokumen ICAO (International Civil Aviation Organization), Doc. 9815 tentang Manual on laser Emitters and Flight Safety, menjelaskan bahwa paparan emisi laser dapat memberikan efek fisiologis dan medis physchological pada awak pesawat. Hal ini tentu saja dapat berakibat fatal bagi keselamatan penerbangan. 

Untuk itu, kepada seluruh masyarakat kami himbau untuk TIDAK MEMAINKAN LAYANG  LAYANG DAN  MENGGUNAKAN ATAU MENYALAKAN SINAR LASER DI AREA BANDARA NGURAH RAI DAN SEKITARNYA. 

Oleh karena Bandara Ngurah Rai merupakan pintu gerbang utama para wisatawan memasuki Pulau Bali, adalah menjadi tugas kita bersama dalam menjaga dan mendukung keselamatan penerbangan di Bandara Ngurah Rai. Sehigga Bali dapat terus mendapat kepercayaan dunia sebagai The Best Destination Island of The World.